Minggu, 30 Juni 2019

Dari Sampah Restorasi


Entah kenapa ya, saya tuh kalo lapar bawaannya ga bisa konsentrasi, pusing dan cenderung gampang emosian. Hahaha. Ini Cuma saya doang ato kalian juga ada yang sama kaya saya? Buat saya ini masalah banget. Paling kesel kalo jam 11an laper dan susah buat nahan sampe jam 12. Mau keluar jam 11 kagok bentar lagi jam istirahat, tapi kalo ga dibawa makan si perut ngomel-ngomel terus dan pikiran malah ga focus.

Untunglah saat ini ada jasa delivery food yang yahud banget. Baik si Go maupun si Grab, dua-duanya sangat membantu untuk mengoptimalkan produktivitas saya. I mean klo kira-kira perut udah mulai bergejolak (halah), langsung deh pesen makanan yang kita inginkan, ga perlu macet-macet, panas-panas, tinggal duduk manis makanan diantar sampai ke depan pintu kantor/rumah.
Keren kan?

Yes sangat keren dan sangat membantu banget. Sampai….. beberapa hari yang lalu saya menemukan negative side dari per-food delivery-an ini.

Pada suatu hari (biar kesannya dramatis), saya pesen makanan di restorasi kereta api. Kebetulan saat itu jam makan malam. Sebenernya udah ditahan-tahan buat ga pesen makan, karena siang tadi udah makan enak dan banyak. Niatnya mau skip makan malem juga biar besok pagi bisa kurusan (ngayal). Niat tinggal niat, bapak ibu di depan belakang kiri kanan pada pesen makanan dan aromanya semerbak kemana-mana. Jahatnya mereka semua nawarin makan ke saya “mari mbak makan..” silahkan bu. “Ayo mbak, makan” iya silahkan pak. Gitu aja terus sampe akhirnya kedengeran sama si perut. Kok si mulut iya-iya tapi ga ada makanan yang masuk. Nyimpang dikit, jadi penasaran kalo bule-bule ato orang-orang dengan west culture mereka ada budaya nawar-nawarin makan ke orang yang ga dikenal ga sih? Sebenernya ackward kan ya. Kebayang kalo pas si bapak or si ibu nawarin makanannya trus saya jawab “oh boleh pak, terima kasih ya kebetulan saya lapar.” Kira-kira gimana ya ekspresi mereka? Hehehe.

Nah balik lagi ke restorasi. Saya pesen mie rebus special. Kayanya enak aja gitu dingin-dingin makan mie panas dan teh panas. Sambil nunggu, saya merhatiin mbak-mbak dan mas-mas yang bertugas di restorasi. Perhatian saya jatuh pada deretan plastik pembungkus makanan untuk sepaket nasi rames yang dipesan penumpang. Buset sebanyak itukah? Masing-masing jenis makanan di pisah dan dibungkus dalam masing-masing plastic pembungkus. Oh my God, dalam satu kali keberangkatan anggap saja 1 gerbong 80 penumpang dikalikan 6 gerbong maka ada 480 penumpang.

Sepemerhatian saya (ada ga sih kata sepemerhatian hahaha), 70% dari mereka membawa air minum kemasan, sebagian dari mereka membawa makanan sendiri dan sebagian lagi membeli makanan dari restorasi. Anggap saja 1 orang penumpang 200 gr sampah. Maka untuk 480 penumpang ada 96Kg sampah. Itu kalo Cuma 200gr alias 2 ons per orang ya. Tinggal dikalikan dengan jumlah keberangkatan setiap harinya. Untuk Argo Parahyangan (BDG – JKT) saja rasanya lebih dari 15 kali keberangkatan dari Bandung. Anggaplah 15, lantas dikalikan 2 karena jumlah yang sama pun berangkat dari Jakarta ke Bandung, berarti total 30 keberangkatan. So total untuk Argo Parahyangan saja 96kg dikali 30 keberangkatan total 2880 kg per hari alias 2.88 Ton per hari (almost 3 ton) itu baru dari Argo Parhayangan saja.

Yang saya penasaran, 3 ton sampah ini kemudian diapakan? Dikemanakan?

OK kita simpen dulu masalah ini sambil saya cari tau dikemanakan dan diapakan sampah-sampah tersebut. Yang jelas pada saat dikumpulkan petugas hanya membawa 1 buah trashbag berwarna hitam. Baik sampah organic maupun anorganic semua tercampur dalam plastic tersebut. Tentunya memberi PR banyak untuk petugas pemilahnya. (Apabila ada)

Balik lagi ke restorasi dan hubungannya dengan food delivery.

Sadar ga sih, sekarang setelah jamannya Go dan Grab, semuaaaaa serba di delivery. Make sense sih dengan delivery kita bisa menghemat waktu, tenaga dan panasnya itu looooh kalo siang-siang. Belom lagi banyak promo-promo yang sebenernya kalo diitung-itung lebih untung pake food delivery daripada beli langsung. Ini “gue banget” lah, bertahun-tahun jadi pengguna jasa food delivery karena emang sangat membantu banget. Tapi suddenly saya menyadari ada negatife effect dari food delivery ini. Yes, Sampah. Semua makanan yang kita pesan dikemas oleh sampah. Iya kalo customernya mau bertanggungjawab, sampahnya dipilah dan di tabungkan ke bank sampah. Nah kalo tipenya pengen gampang aja? Semua sisa makanan dimasukin ke plastic pembungkusnya dan bluuuusss masuk ke tempat sampah bercampur dengan sampah-sampah lainnya.

Saya jadi ingat, sekali waktu saya order sate kambing dari sebuah restoran sate terkenal di bandung. Saat pesanan saya tiba dan saya habiskan makanan tersebut, dalam sekejap saya menghasilkan sampah berupa : 1 kertas pembungkus nasi, 1 plastik pembungkus sate, 1 plastik pembungkus bumbu sate, 1 plastik pembungkus cabai, 1 plastik pembungkus acar, 1 pasang sendok dan garpu plastic, dan 1 plastik (kresek) pembungkus semuanya. Saya makan paling lama 30 menit, dan sampah yang saya hasilkan terurai paling cepat 20 tahun.

Nah sekarang kita coba terapkan 3R.

Reuse? Apa yang bisa di-reuse? Sendok Garpu Plastik? Noooo!!! Itu buat sekali pakai doang. Bukan untuk digunakan terus-terusan.

Recycle? Apa yang bisa di-recycle? Ya paling si sendok garpu plastic itu. Itupun kita harus pilah digabung dengan sampah sejenis. Karena kalo Cuma sebiji mah nilai economy nya kecil banget. Tapi ya okelah.

Reduce? Nah ini yang paling bener dan harus dilakukan. Harus ada upaya dan solusi gimana caranya supaya saat ada customer beli sate ga usah dipisah-pisah gitu plastiknya? Saya udah coba piker bolak-balik. Tetep solusinya adalah dengan makan ditempat. Masak dan langsung dimakan ditempat. Dengan makan ditempat kita sudah me-reduce sampah-sampah plastic tersebut.

Kalo dirumah males keluar gimana? Ya masaklah dirumah.

Kalo ga ada apa-apa, apa yang mau dimasak? Ya makanya belilah apa-apa.

Kalo ga bisa masak? Ya belajar masak.

Ntar supir Go and Grab itu berkurang dong penghasilannya? Saya jamin sih ngga. Karena yang baca tulisan saya juga hanya segelintir orang dan belom tentu mau ngejalaninnya. Karena upaya ngurangin sampah ini emang ga gampang.

Ohhhh pake plastic dari singkong aja. Hmmm sabi-sabi, tapi setau saya sih itu plastic ga tahan panas dan harganya lumayan.

Yang pasti harus ada regulasi yang tegas dan jelas dari pemerintah mengenai penggunaan plastic/pembungkus dalam kegiatan penjualan makanan. Misalnya tidak boleh menggunakan plastic. Kan bisa pake kertas, sambel pake cup dengan bahan dasar kertas. Mahal? Ya resiko. Bebankan aja ke customer. Kalo sudah memilih untuk menggunakan delivery means sudah siap dengan konsekuensi harga lebih tinggi karena makanan harus dikemas menggunakan pembungkus yang ramah lingkungan.

Just my two cent sih.

Menurut kamu gimana, apa ya solusi untuk mengurangi sampah plastic yang dihasilkan dari food delivery ini? Share dong!

Nb : Btw kalo ada yang tau si sampah dari penumpang kereta api dikemanain boleh share juga ya. Atau mungkin bisa kasih saya nomer contact person yang bisa dihubungi untuk nanya-nanya soal ini.
Thank you sebelumnya....

1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.CC ....:)

    BalasHapus