Entah kenapa ya, saya tuh kalo lapar bawaannya ga bisa
konsentrasi, pusing dan cenderung gampang emosian. Hahaha. Ini Cuma saya doang
ato kalian juga ada yang sama kaya saya? Buat saya ini masalah banget. Paling
kesel kalo jam 11an laper dan susah buat nahan sampe jam 12. Mau keluar jam 11
kagok bentar lagi jam istirahat, tapi kalo ga dibawa makan si perut
ngomel-ngomel terus dan pikiran malah ga focus.
Untunglah saat ini ada jasa delivery food yang yahud banget.
Baik si Go maupun si Grab, dua-duanya sangat membantu untuk mengoptimalkan
produktivitas saya. I mean klo kira-kira perut udah mulai bergejolak (halah),
langsung deh pesen makanan yang kita inginkan, ga perlu macet-macet, panas-panas,
tinggal duduk manis makanan diantar sampai ke depan pintu kantor/rumah.
Keren kan?
Yes sangat keren dan sangat membantu banget. Sampai…..
beberapa hari yang lalu saya menemukan negative side dari per-food delivery-an
ini.
Pada suatu hari (biar kesannya dramatis), saya pesen makanan
di restorasi kereta api. Kebetulan saat itu jam makan malam. Sebenernya udah
ditahan-tahan buat ga pesen makan, karena siang tadi udah makan enak dan
banyak. Niatnya mau skip makan malem juga biar besok pagi bisa kurusan
(ngayal). Niat tinggal niat, bapak ibu di depan belakang kiri kanan pada pesen
makanan dan aromanya semerbak kemana-mana. Jahatnya mereka semua nawarin makan
ke saya “mari mbak makan..” silahkan bu. “Ayo mbak, makan” iya silahkan pak.
Gitu aja terus sampe akhirnya kedengeran sama si perut. Kok si mulut iya-iya
tapi ga ada makanan yang masuk. Nyimpang dikit, jadi penasaran kalo bule-bule
ato orang-orang dengan west culture mereka ada budaya nawar-nawarin makan ke
orang yang ga dikenal ga sih? Sebenernya ackward kan ya. Kebayang kalo pas si
bapak or si ibu nawarin makanannya trus saya jawab “oh boleh pak, terima kasih
ya kebetulan saya lapar.” Kira-kira gimana ya ekspresi mereka? Hehehe.
Nah balik lagi ke restorasi. Saya pesen mie rebus special.
Kayanya enak aja gitu dingin-dingin makan mie panas dan teh panas. Sambil
nunggu, saya merhatiin mbak-mbak dan mas-mas yang bertugas di restorasi.
Perhatian saya jatuh pada deretan plastik pembungkus makanan untuk sepaket nasi
rames yang dipesan penumpang. Buset sebanyak itukah? Masing-masing jenis
makanan di pisah dan dibungkus dalam masing-masing plastic pembungkus. Oh my
God, dalam satu kali keberangkatan anggap saja 1 gerbong 80 penumpang dikalikan
6 gerbong maka ada 480 penumpang.
Sepemerhatian saya (ada ga sih kata sepemerhatian hahaha), 70% dari mereka membawa air minum
kemasan, sebagian dari mereka membawa makanan sendiri dan sebagian lagi membeli
makanan dari restorasi. Anggap saja 1 orang penumpang 200 gr sampah. Maka untuk
480 penumpang ada 96Kg sampah. Itu kalo Cuma 200gr alias 2 ons per orang ya. Tinggal
dikalikan dengan jumlah keberangkatan setiap harinya. Untuk Argo Parahyangan
(BDG – JKT) saja rasanya lebih dari 15 kali keberangkatan dari Bandung. Anggaplah
15, lantas dikalikan 2 karena jumlah yang sama pun berangkat dari Jakarta ke
Bandung, berarti total 30 keberangkatan. So total untuk Argo Parahyangan saja
96kg dikali 30 keberangkatan total 2880 kg per hari alias 2.88 Ton per hari
(almost 3 ton) itu baru dari Argo Parhayangan saja.
Yang saya penasaran, 3 ton sampah ini kemudian diapakan? Dikemanakan?
OK kita simpen dulu masalah ini sambil saya cari tau
dikemanakan dan diapakan sampah-sampah tersebut. Yang jelas pada saat
dikumpulkan petugas hanya membawa 1 buah trashbag berwarna hitam. Baik sampah organic
maupun anorganic semua tercampur dalam plastic tersebut. Tentunya memberi PR
banyak untuk petugas pemilahnya. (Apabila ada)
Balik lagi ke restorasi dan hubungannya dengan food
delivery.
Sadar ga sih, sekarang setelah jamannya Go dan Grab,
semuaaaaa serba di delivery. Make sense sih dengan delivery kita bisa menghemat
waktu, tenaga dan panasnya itu looooh kalo siang-siang. Belom lagi banyak
promo-promo yang sebenernya kalo diitung-itung lebih untung pake food delivery
daripada beli langsung. Ini “gue banget” lah, bertahun-tahun jadi pengguna jasa
food delivery karena emang sangat membantu banget. Tapi suddenly saya menyadari
ada negatife effect dari food delivery ini. Yes, Sampah. Semua makanan yang
kita pesan dikemas oleh sampah. Iya kalo customernya mau bertanggungjawab,
sampahnya dipilah dan di tabungkan ke bank sampah. Nah kalo tipenya pengen
gampang aja? Semua sisa makanan dimasukin ke plastic pembungkusnya dan bluuuusss
masuk ke tempat sampah bercampur dengan sampah-sampah lainnya.
Saya jadi ingat, sekali waktu saya order sate kambing dari
sebuah restoran sate terkenal di bandung. Saat pesanan saya tiba dan saya
habiskan makanan tersebut, dalam sekejap saya menghasilkan sampah berupa : 1 kertas
pembungkus nasi, 1 plastik pembungkus sate, 1 plastik pembungkus bumbu sate, 1
plastik pembungkus cabai, 1 plastik pembungkus acar, 1 pasang sendok dan garpu plastic,
dan 1 plastik (kresek) pembungkus semuanya. Saya makan paling lama 30 menit,
dan sampah yang saya hasilkan terurai paling cepat 20 tahun.
Nah sekarang kita coba terapkan 3R.
Reuse? Apa yang bisa di-reuse? Sendok Garpu Plastik?
Noooo!!! Itu buat sekali pakai doang. Bukan untuk digunakan terus-terusan.
Recycle? Apa yang bisa di-recycle? Ya paling si sendok garpu
plastic itu. Itupun kita harus pilah digabung dengan sampah sejenis. Karena kalo
Cuma sebiji mah nilai economy nya kecil banget. Tapi ya okelah.
Reduce? Nah ini yang paling bener dan harus dilakukan. Harus
ada upaya dan solusi gimana caranya supaya saat ada customer beli sate ga usah
dipisah-pisah gitu plastiknya? Saya udah coba piker bolak-balik. Tetep
solusinya adalah dengan makan ditempat. Masak dan langsung dimakan ditempat.
Dengan makan ditempat kita sudah me-reduce sampah-sampah plastic tersebut.
Kalo dirumah males keluar gimana? Ya masaklah dirumah.
Kalo ga ada apa-apa, apa yang mau dimasak? Ya makanya
belilah apa-apa.
Kalo ga bisa masak? Ya belajar masak.
Ntar supir Go and Grab itu berkurang dong penghasilannya? Saya
jamin sih ngga. Karena yang baca tulisan saya juga hanya segelintir orang dan
belom tentu mau ngejalaninnya. Karena upaya ngurangin sampah ini emang ga
gampang.
Ohhhh pake plastic dari singkong aja. Hmmm sabi-sabi, tapi
setau saya sih itu plastic ga tahan panas dan harganya lumayan.
Yang pasti harus ada regulasi yang tegas dan jelas dari
pemerintah mengenai penggunaan plastic/pembungkus dalam kegiatan penjualan
makanan. Misalnya tidak boleh menggunakan plastic. Kan bisa pake kertas, sambel
pake cup dengan bahan dasar kertas. Mahal? Ya resiko. Bebankan aja ke customer.
Kalo sudah memilih untuk menggunakan delivery means sudah siap dengan
konsekuensi harga lebih tinggi karena makanan harus dikemas menggunakan pembungkus
yang ramah lingkungan.
Just my two cent sih.
Menurut kamu gimana, apa ya solusi untuk mengurangi sampah plastic
yang dihasilkan dari food delivery ini? Share dong!
Nb : Btw kalo ada yang tau si sampah dari penumpang kereta api dikemanain boleh share juga ya. Atau mungkin bisa kasih saya nomer contact person yang bisa dihubungi untuk nanya-nanya soal ini.
Thank you sebelumnya....
Nb : Btw kalo ada yang tau si sampah dari penumpang kereta api dikemanain boleh share juga ya. Atau mungkin bisa kasih saya nomer contact person yang bisa dihubungi untuk nanya-nanya soal ini.
Thank you sebelumnya....
Izin promo ya Admin^^
BalasHapusBosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
- Telkomsel
- XL axiata
- OVO
- DANA
segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.CC ....:)